Skip to content

Pdt. Dr. Jamilin Sirait di HKBP Silaban

10 Agustus 2009

Jamilin Sirait.2Kepala Departemen Koinonia HKBP, Pdt. Dr. Jamilin Sirait, beserta ibu melakukan kunjungan pastoral ke HKBP Ressort Silaban, Minggu (9/8). Setelah memimpin ibadah Minggu Dr. Sirait selanjutnya dijamu makan siang diteruskan dengan perbicangan santai bersama warga dan majelis jemaat di kediaman Pdt. Hotman Nababan, STh pendeta ressort HKBP Silaban.

Dalam perbicangan tersebut Pendeta Sirait sangat antusias dengan prospek pengembangan persekutuan jemaat di Ressort HKBP Silaban dan menyarankan agar majelis setempat mencari cara terbaik untuk meningkatkan kualitasnya. Selain itu persekutuan yang dinamis tidak dapat terlepas dari kaitan dengan pengembangan kehidupan sosial dan ekonomi. “Perlu dijajagi kemitraan dengan investor strategis untuk mengembangkan industri pengolahan dan pemasaran komoditas pertanian jemaat di sini,” saran Dr. Sirait.

Dalam perbicangan yang juga dihadiri oleh Pdt. Parsaoran Sianturi, STh dan istri Pdt. Tohonan Siahaan, STh dari  HKBP Sibuntuon Lintongnihuta, Pdt. Candra Simanjuntak, STh dari HKBP Sosorgonting, Pdt. Agus SB Simanullang, STh anggota KPUD Humbang Hasundutan dan beberapa calon pendeta, Dr. Sirait juga memberi perhatian terhadap perkembangan Kabupaten Humbahas yang menurutnya lebih cepat dari kabupaten hasil pemekaran lainnya. “Perkembangan Humbahas kini terlihat lebih cepat dari Toba Samosir,” tuturnya.

Hal itu dikemukakan melihat program pembangunan yang telah dicanangkan seperti pendirian SMAN 2 Plus Lintongihuta yang digagas oleh Gubsu Syamsul Arifin dan rencana pembangunan rumah sakit umum yang juga berlokasi di desa Silaban. Namun demikian Dr. Sirait mengingatkan agar majelis jemaat HKBP Silaban memberi perhatian terhadap dampak pembangunan itu sendiri bagi gereja. “Sertifikasi seluruh lahan milik gereja harus dilakukan segera sehingga tidak diambil secara ilegal oleh pihak-pihak yang tidak berhak,” tandasnya.

Untuk mengantisipasi keberadaan SMA Plus itu sendiri Dr. Sirait, yang juga Wakil I Persetia (Persekutuan Sekolah-sekolah Teologi Indonesia)  dan mantan Ketua STT HKBP,  menyarankan agar HKBP Silaban bersama jemaat HKBP lainnya di wilayah Kabupaten Humbahas  menyiapkan anak-anak HKBP agar dapat menikmati pendidikan di sana kelak. “Ironis jika nanti anak-anak Silaban hanya menjadi penonton,” tuturnya.

Menanggapi hal itu, Pdt. Hotman Nababan menginformasikan bahwa HKBP Ressort Silaban telah merencanakan sebuah program peningkatan kemampuan anak-anak sekolah yang terintegrasi sejak tingkat SD sampai SMP. “Dengan program itu kita berharap agar peluang masuk anak-anak jemaat HKBP Silaban semakin besar dan berkelanjutan,” tuturnya.

One Comment leave one →
  1. 12 Agustus 2009 8:30 pm

    sman 2 plus boleh juga tuh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: